Washington, LiputanIslam.com–Badan pemantau Public Citizen dalam laporan berjudul “Corporate Executives Swamp the White House,” menyebut Trump telah menemui 190 CEO perusahaan sejak ia dilantik pada 20 Januari lalu.

Selain CEO perusahaan, Trump  juga dilaporkan menemui sejumlah miliyarder dalam 100 hari pertama ia menjabat sebagai presiden. Milyarder tersebut diantaranya Sheldon Adelson, Carl Lindner III, Bill Gates, dan David Koch.

Angka ini tidak termasuk pembicaraan telepon dengan CEO Wall Street seperti Steve Schwarzman dari Blackstone.

“Di pertemuan-pertemuan dengan Donald Trump, para CEO ini dengan senang hati mengeluarkan instruksi-instrulsi. Jika siapapun bisa mengira-ngira apa yang terjadi di dalam Gedung Putih, para CEO ini mengatur [Gedung Putih], mereka mendikte kepentingan yang hanya menguntungkan bagi mereka, bukan kepentingan rakyat Amerika.” kata ketua  Public Citizen  Robert Weissman.

Laporan ini dirilis setelah pemerintah Trump mengumumkan bahwa mereka tidak akan membuka daftar pengunjung Gedung Putih, Trump Towers, atau resort milik sang president, Mar-a-Lago, kepada publik. Kebijakan ini mendapat banyak kritik dari para aktivis dan badan kemanusiaan.

Berdasarkan data, CEO-CEO yang pernah bertemu dengan Trump mayoritas berasal dari sektor finansial. Pertemuan dengan orang-orang berpengaruh di Wall Street seperti Michael Corbat dan Jamie Dimon diduga telah mempengaruhi Trump untuk mengurangi regulasi Wall Street.

Meski dalam kampanyenya Trump berikrar akan “menghentikan aksi monopoli di pemerintah AS,” Weissman menilai data-data tentang pertemuan rahasia ini membuktikan sebaliknya.

“Presiden Trump bukan hanya mengkhianati janjinya untuk menghentikan monopoli di Washington, dia juga bahkan mengundang pihak-pihak tertentu datang ke Gedung Putih dan meminta petunjuk bagaimana memperdalam aksi monopoli ini,” ujar Weissman. (ra/mintpress)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL