Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump mengklaim bahwa “semua orang” berpikir ia layak mendapatkan hadiah Nobel perdamaian karena berhasil mendorong perdamaian di Semenanjung Korea.

“Semua orang berpikir seperti itu, tetapi saya tidak pernah berkata begitu,” kata sang presiden ketika ditanya oleh wartawan di Gedung Putih apakah dia berpikir ia layak memenangkan penghargaan bergengsi itu.

Pada April lalu, Presiden Korsel Moon Jae-in menyebut Presiden Trump “harus memenangkan hadiah Nobel perdamaian. Satu-satunya hal yang kita butuhkan adalah perdamaian.”

Juga pada minggu lalu, sejumlah pejabat Republik di Kongres yang dekat dengan Trump mencalonkan dia untuk penghargaan Nobel tahun ini karena berhasil menekan Korut agar menyetujui perjanjian denuklirisasi.

Dipimpin oleh wakil Indiana, Luke Messer, sebanyak 18 orang pendukung besar Trump di House of Representatives menuliskan surat kepada Komite Nobel Norwegia pada Rabu (9/5/18), yang berisi rekomendasi tentang sang presiden.

“Sejak mengantor, Presiden Trump telah bekerja tanpa lelah untuk menaruh tekanan maximum kepada Korea Utara untuk menghentikan program nuklir ilegal dan membawa perdamaian di kawasan,” demikian tertulis dalam surat itu.

Menjelang pertemuan dengan pemimpin Korut, Kim Jong Un, Trump mengatakan bahwa dia hanya berharap AS berhasil menjadi perantara bagi perjanjian denukliriasai bagi negara komunis itu.

“Saya ingin semuanya selesai. Penghargaan yang saya inginkan adalah kemenangan bagi dunia…,” klaim Trump.

Dukungan bagi Presiden Trump untuk mendapatkan penghargaan Nobel juga datang dari Menlu Inggris, Boris Johnson. Menurutnya, bukan hanya Korut, Trump juga berhasil “memperbaiki perjanjian Iran” yang berdampak bagi perdamaian dunia.

“Jika dia bisa memperbaiki Korut dan perjanjian nuklir Iran, maka saya tidak melihat mengapa dia tidak layak menjadi kandidat untuk hadiah Nobel perdamaian dibandingkan Barack Obama, yang mendapatkan penghargaan itu bahkan sebelum melakukan apa-apa,” papar Johnson kepada Sky News pada awal minggu ini.

Jika Trump memenangkan penghargaan ini, dia akan menjadi presiden Amerika ke-5 yang berhasil mengalungkan Nobel, setelah mantan Presiden Theodore Roosevelt, Woodrow Wilson, Jimmy Carter dan Barack Obama. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL