Florida, LiputanIslam.com—Dalam pidato di Florida di depan 9.000 orang pada Sabtu (18/02/17), Presiden Trump menyatakan bahwa negara-negara Arab Teluk Persia pada akhirnya akan membiayai zona aman Suriah yang akan dibuat oleh dirinya. Dia menambahkan, negara-negara Teluk tersebut “tidak punya apapun selain uang.”

Laporan terakhir menyebutkan pemerintahan Trump sedang memikirkan ulang terkait rencana pembuatan zona aman. Trump sendiri menilai rencana tersebut akan membuat rakyat Suriah “hidup dengan aman di kota-kota mereka” di tengah peperangan yang terjadi.

Trump tidak memberikan detil lebih lanjut tentang bagaimana cara kerja rencana tersebut, dan tidak memberitahu secara spesifik negara Teluk mana yang akan membiayai.

Jason Ditz, analis dan editor situs Antiwar.com memberikan pendapatanya atas pernyataan Trump ini di situs berita Mintpressnews.com.

“Pertanyaan lebih penting lagi adalah apakah negara-negara tersebut menyetujui pembiayaian ini, sebagaimana Trump yang sebelumnya menyatakan bahwa Meksiko akan membiayai dinding pembatas tanpa adanya persetujuan dari pemerintah Meksiko sendiri.” tulisnya.

“Rencana pembuatan zona aman dinilai akan membutuhkan banyak biaya, namun itu hanyalah salah satu bagian permasalahan. Permasalahan lebih besar adalah banyaknya jumlah tentara AS yang akan dibutuhkan untuk mengamankan zona tersebut, dan apakah upaya mengenakan kebijakan Zona Larang Terbang (no-fly zone) di kawasan seperti itu akan membawa AS ke dalam peperangan dengan Rusia dan Suriah.” (ra/mintpressnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL