Washington, LiputanIslam.comPresiden AS Donald Trump menyebut Kim Jong-un sebagai “orang gila” dan “manusia roket”, dan bahwa pemimpin Korea Utara itu seharusnya sudah ditangani sejak dahulu.

“Manusia roket itu seharusnya sudah ditangani sejak lama oleh [Bill] Clinton,” kata Trump pada Jumat (22/9/17) dalam pidato di  Huntsville, Alabama. “Saya akan menanganinya sekarang… karena kita tidak punya pilihan lain,”

“Kita tidak bisa membiarkan orang gila itu menembak roket di mana-mana,” tambahnya.

Di hari yang sama, Trump menegaskan bahwa Kim “akan diuji untuk pertamakalinya” pasca Pyongyang mengancam akan menyerang Laut Pasifik dengan bom hydrogen.

“Kim Jong-un sudah jelas adalah orang gila yang tidak peduli membunuh dan membuat rakyatnya kelaparan,”

Cercaan Trump yang terakhir datang setelah dia menjatuhkan sanksi baru terhadap Pyongyang.

Sebagai respon, Kim mengatakan bahwa Trump adalah “seorang penipu dan preman yang suka bermain api,” dan “tidak cocok memegang hak prerogatif dari komando tertinggi sebuah bangsa.”

Sementara itu, sejumlah analis menilai, ancaman Trump terhadap Korut kontraproduktif dan membenarkan program nuklir Pyongyang sebagai alat untuk pertahanan diri sebuah negara. Mereka mengatakan, perkataan Trump malah memiliki efek sebaliknya, yaitu memperburuk situasi di semenanjung Korea. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL