Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump dilaporkan telah memutuskan untuk memecat Penasehat Keamanan Nasional AS, Herbert Raymond McMaster, dan secara aktif mempertimbangkan penggantinya.

Berita ini dilaporan oleh Washington Post pada Kamis (15/3/18) berdasarkan informasi dari dua orang dalam Gedung Putih.

Pemecatan ini diberitahukan pertama kali kepada Ketua Petugas Gedung Putih, John F. Kelly.

Namun, menurut laporan, Trump ingin mengeksekusi keputusannya ini dalam waktu panjang, karena dia ingin memastikan McMaster tidak dipermalukan dan dia dapat menemukan pengganti yang kuat di posisi penasehat keamanan nasional.

Alasan pemecatan ini adalah bahwa Trump menilai “McMaster terlalu kaku dan laporan-laporannya terlalu panjang dan tidak relevan.”

Sejumlah kandidat siap dijadikan sebagai pengganti, yaitu mantan Duta AS kepada PBB, John Bolton, dan Ketua Petugas Dewan Keamanan Nasional, Keith Kellogg.

Kellogg sebelumnya beberapa kali mendampingi Trump dalam perjalanan domestik, dan sang presiden dilaporkan menyukainya karena dia orang yang menyenangkan. Trump juga menyukai Bolton yang sering memuji sang presiden di channel Fox News.

Menurut 19 pejabat pemerintah dan penasehat presiden yang berbicara kepada media AS, pemerintah Trump saat ini berada dalam kekacauan. Banyak pejabat di Gedung Putih khawatir tentang pekerjaan mereka, dan terang-terangan bercanda tentang karir siapa yang akan berakhir di tweet Trump selanjutnya. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL