Washington, LiputanIslam.com–Sebuah laporan mengungkapkan bahwa Presiden AS Donald Trump pernah bertanya kepada penasihat luar negerinya pada tahun lalu tentang kemungkinan “opsi militer” terhadap Venezuela.

Pertanyaan itu disampaikan Trump dalam pertemuan di Kantor Oval pada 10 Agustus 2017, di tengah sanksi diplomatik yang dijatuhkan Washington kepada negara kaya minyak itu.

“Dengan Venezuela yang mengancam keamanan regional, mengapa kita tidak jajah saja negara bermasalah itu?” tanyanya, seperti dilaporkan oleh Associated Press pada Rabu (4/7/18), mengutip seorang pejabat senior yang tak mau disebutkan namanya.

Perkataan Trump itu membuat para penasihatnya tertegun, termasuk diantaranya mantan menlu Rex Tillerson dan mantan penasihat keamanan nasional, H. R. McMaster. Hal itu kemudian menciptakan debat panas selama sekitar 5 menit dalam rapat tersebut.

“Kita punya tentara di seluruh dunia di tempat yang sangat, sangat, jauh,” ujar Trump.

“Venezuela tidak terlalu jauh dan rakyatnya sedang sekarat. Kita punya banyak opsi untuk Venezuela, termasuk opsi militer jika dibutuhkan,” yakinnya.

Pejabat anonim itu mengatakan, para penasihat meminta Trump menarik ide tersebut, dengan alasan bahwa aksi militer apapun akan menjadi bumerang dan mengancam dukungan yang sudah dibangun AS dengan negara-negara Amerika Latin lainnya.

Pada akhirnya, McMaster-lah yang berhasil meyakinkan Trump tentang besarnya dampak dari penjajahan.

Tak lama setelah laporan ini dirilis, Presiden Venezuela Nicholas Maduro pada Rabu meminta pasukan militernya untuk lebih bersiaga.

“Kita tidak bisa melonggarkan pertahanan kita satu detik pun, karena kita akan membela hak terbesar yang pernah dimiliki bangsa kita sepanjang sejarah, yaitu hak hidup dalam damai,” kata Maduro dalam sebuah upacara militer di ibukota Caracas.

Presiden berumur 55 tahun itu mengaku bahwa laporan tersebut menegaskan tudingannya bahwa Washington berencana melakukan serangan militer terhadap Venezuela untuk menguasai sumber-sumber minyak. (ra/presstv)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*