Washington, LiputanIslam.com–Presiden AS Donald Trump telah setuju bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, pada bulan Mei mendatang. Demikian laporan dari penasehat keamanan nasional Korea Selatan, Chung Eui-yong, pada Kamis (8/3/18).

Chung menyampaikan berita ini di Washington D.C. setelah beberapa hari sebelumnya melakukan pertemuan dengan Kim Jong-un. Ia mengatakan, Pyongyang siap menyingkirkan senjata nuklir mereka dengan syarat tertentu.

“Saya mengatakan kepada Presiden Trump bahwa dalam pertemuan kami, pemimpin Korut Kim Jong-un mengatakan ia berkomitmen untuk denuklirisasi,” kata Chung.

“Dia [Kim] paham bahwa rutinitas latihan militer bersama antara Korsel dan AS harus berlanjut dan ia menyampaikan keinginannya untuk bertemu presiden Trump secepat mungkin,” tambahnya.

Sebelumnya, Pyongyang menyebut latihan militer bersama antara AS dan sekutu regional di Semenanjung Korea sebagai “deklarasi perang.”

Menurut Chung, Kim Jong-un telah setuju menghentikan uji coba nuklir mereka untuk mengikuti keinginan utama AS.

Chung dan kepala badan intelijen Korsel, Suh Hoon, bertemu dengan Kim dalam perjalanan dua hari yang bersejarah ke Korut pada minggu lalu.

Gedung Putih pun telah mengonfirmasikan pertemuan antara Trump dan Kim, namun mereka menekankan bahwa Washington tidak berencana mencabut sanksi ekonomi kepada Korut.

“Presiden Trump sangat mengapresiasi ucapan baik delegasi Korsel dan Presiden Moon… Beliau akan menerima undangan bertemu dengan Kim Jong-un…,” demikian pernyataan dari juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders.

“Kami menantikan denuklirisasi oleh Korea Utara. Sementara itu, semua sanksi dan tekanan maksimum harus dipertahankan,” tambahnya. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*