trump clintonJakarta, LiputanIslam.com — Bakal calon presiden utama Partai  Republik Donald Trump dan Hillary Clinton dari Demokrat memenangkan  mayoritas pemilihan pendahuluan untuk pencalonan presiden AS di 13 negara bagian, yang kerap disebut ‘Super Tuesday’.

Mengutip situs NBC News yang dilansir Antara, Hillary menang di tujuh negara bagian, yaitu Virginia, Tennessee, Alabama, Georgia, Arkansas, Texas, dan bahkan Massachusetts yang adalah negara bagian yang menjadi asal seterunya, Bernie Sanders.

Mantan menteri luar negeri itu kalah dari Sanders di negara bagian yang menjadi kampung halamannya Vermont, selain di Oklahoma, Minnesota dan Colorado.

Di kubu Republik, Trump juga menang di tujuh negara bagian, meliputi Massachusetts, Virginia, Tennessee, Alabama, Georgia, Arkansas, dan Vermont.

Satu lagi kaukus Alaska baru saja diputuskan dimenangkan oleh Senator Ted Cruz. Cruz juga sukses besar di Texas dan Oklahoma, sedangkan Senator Florida  Marco Rubio memenangkan Minnesota.

Cruz memanfaatkan kemenangannya di Texas untuk mendesak Partai Republik mendukungnya melawan Trump karena inilah satu-satunya cara menyingkirkan Trump.

Daftar peraih suara delegasi terbanyak dan pemenang Super Tuesday selengkapnya, dari situs New York Times.

PARTAI REPUBLIK:
– Donald Trump menang di  7 negara bagian; Massachusetts, Virginia, Tennessee, Alabama, Georgia, Arkansas, dan Vermont.
– Ted Cruz menang di 3 negara bagian; Alaska, Texas dan Oklahoma
– Marco Rubio menang di 1 negara bagian; Minnesota

PARTAI DEMOKRAT:
– Hillary Clinton menang di 7 negara bagian; Virginia, Tennessee, Alabama, Georgia, Arkansas, Texas, dan  Massachusetts.
– Bernie Sanders menang di  empat negara bagian; Vermont, Oklahoma, Minnesota dan Colorado.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL