Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump mengecam Cina karena ketahuan menjual minyak ke Korea Utara di tengah sanksi yang dijatuhkan PBB kepada negara pimpinan Kim Jong-un itu.

Dalam kicauan di akun Twitter-nya pada Kamis (28/12/17), Trump mengaku “sangat kecewa” atas tindakan Cina karena penjualan minyak dapat meningkatkan risiko perang dengan Pyongyang.

“TERTANGKAP BASAH – [saya] sangat kecewa bahwa Cina mengizinkan minyak masuk ke Korea Utara. Tidak akan ada solusi bersahabat dengan Korea Utara jika ini terus terjadi!” tulis Trump.

Berita penjualan minyak ini dikeluarkan oleh koran berita Korea Selatan beberapa waktu lalu. Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa kapal-kapal Cina dan Korea Utara secara tidak sah membuat jalur lewat laut untuk mengirim minyak ke Korut.

Meskipun begitu, pemerintah Cina menolak tudingan tersebut. Juru bicara Kementerian Pertahanan Cina, Ren Guoqiang, mengatakan bawa negaranya sangat mendukung sanksi DK PBB terhadap Korut dan tidak pernah menjual minyak ke negara itu. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*