Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump menyatakan, negaranya akan tetap menjadi mitra setia Arab Saudi untuk melindungi kepentingan Israel dan sekutu regional lainnya.

Hal ini ia katakan ketika membicarakan kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, di mana Pangeran Saudi Mohammad bin Salman diduga kuat terlibat.

“Raja Salman dan Pangeran MBS menyanggah keras [tuduhan] mengetahui rencana atau eksekusi pembunuhan Mr. Khashoggi. Badan intelijen kita terus mengevaluasi semua informasi, tapi mungkin saja pengeran mengetahui kejadian tragis ini–mungkin dia tahu, mungkin tidak!” tuturnya dalam sebuah pernyataan yang dirilis Gedung Putih pada Selasa (20/11/18).

“Dengan itu, kita mungkin tidak pernah tahu semua fakta tentang pembunuhan Mr. Jamal Khashoggi. Apapun itu, hubungan kita dengan kerajaan Arab Saudi [akan tetap bertahan]…  Mereka telah menjadi sekutu besar dalam pertarungan penting kita melawan Iran,” paparnya.

“AS berniat terus menjadi mitra setia Arab Saudi untuk melindungi kepentingan negara kami, Israel, dan semua sekutu lain di kawasan. Ini tujuan terpenting kami untuk menghapus ancaman terorisme di seluruh dunia!” imbuhnya.

Trump juga menyebutkan bahwa Arab Saudi telah “setuju untuk membelanjakan dan menginvestasikan $ 450 milyar di Amerika Serikat…  Ini akan menciptakan ratusan ribu pekerjaan, perkembangan ekonomi yang luar biasa, dan tambahan kekayaan bagi AS.”

“Dari uang  $450 miliar, $110 miliar akan digunakan untuk pembelian peralatan militer dari Boeing, Lockheed Martin, Raytheon, dan banyak kontraktor pertahanan AS lainnya. Jika kita dengan bodoh membatalkan kontrak ini, Rusia dan Cina akan untung sangat besar dan sangat senang mendapatkan semua bisnis baru ini. Ini akan menjadi hadiah luar biasa bagi mereka langsung dari AS!” ujarnya.

Presiden AS ke-45 itu mengakui bahwa kejahatan terhadap Jamal Khashoggi “mengerikan dan tidak bisa dimaafkan oleh negara kita”. Tetapi, pembunuhan itu tetap tidak mungkin membatalkan kesepakatan bisnis yang menguntungkan dengan Saudi. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*