Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump tak lama lagi akan memecahkan rekor presiden pendahulunya, Barack Obama, dalam menjatuhkan bom di berbagai wilayah intervensi militer AS di dunia. Ia pun telah dinilai sebagai presiden Amerika paling militan dan agresif sepanjang sejarah dunia.

Enam bulan pertama pemerintahannya, Trump sudah menjatuhkan 20.650 bom. Angka ini adalah 80 persen jumlah bom yang digunakan Obama selama tahun 2016.

Di tingkat ini, Trump diperkirakan akan melewati rekor Obama pada awal September nanti.

Pada bulan Juli kemarin, jet AS menjatuhkan 4.313 bom ke wilayah yang dituding dipenuhi teroris di Suriah. Sedangkan pada bulan Juni, angka bom mencapai 4.848, yaitu 1.600 lebih banyak daripada jumlah bom dalam sebulan di masa Obama.

Hal yang sama terjadi pula di Afghanistan. Pada bulan April lalu, militer AS menjatuhkan bom di negara itu yang berjumlah lebih banyak dari tahun 2012 ketika pasukan Obama sedang dalam masa puncak dalam menjatuhkan bom.

Berdasarkan data dari PBB, militer AS telah membunuh setidaknya 67 persen penduduk sipil lebih banyak selama 6 bulan masa kepemimpinan Trump dibanding pada awal tahun 2016. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL