Somalia_East_Africa_562194aNew York, LiputanIslam.com PBB  memperingatkan dunia agar memusatkan perhatian ke Somalia dimana lebih dari 850.000 warganya mengalami krisis pangan. Karena jika tidak, maka kemungkinan tragedi kelaparan seperti yang terjadi di 2011 akan terulang kembali.

Kepala Bidang Kemanusiaan PBB, John Ging, yang baru saja kembali dari kunjungan tiga harinya ke negara tersebut mengatakan bahwa lebih dari dua juta rakyat Somalia kini tengah menghadapi kondisi “rawan pangan.” Terobrak-abrik puluhan tahun oleh konflik bersenjata dan bencana kekeringan, kini sepersepuluh dari 10 juta penduduk Somalia berada dalam kondisi krisis yang sangat genting.

Dengan banyaknya krisis lain yang mengalihkan perhatian dunia dari Somalia, serta adanya tekanan pada dana bantuan internasional, PBB menyatakan bahwa  dari $933 juta dana kemanusiaan yang diperlukan, hingga kini baru $36 juta yang diterima. Kenyataan yang digambarkan ”sangat menyedihkan” oleh Ging.

Ging mengungkapkan dalam konferensi pers Rabu(18/2) kemarin, bahwa angka kelaparan di Somalia ‘sangat, sangat tinggi.”

“Hal ini menunjukkan pesan sederhana bahwa situasi di Somalia bagi warganya dilihat dari sisi kemanusiaan sudah sangat serius. Dan juga sangat rapuh,” tambahnya.

Menurut badan pangan PBB, FAO, jumlah tepatnya mereka yang memerlukan bantuan kemanusiaan mendesak di Somalia adalah 857.000 orang. FAO menyatakan bahwa 75 persen dari 870.000 warga Somalia darurat pangan mengungsi dari rumah mereka, hal ini dikarenakan perang, ketidak amanan, dan kurangnya makanan.

Ging juga menyatakan bahwa dana yang diperlukan PBB untuk Somalia pada tahun 2011 terpenuhi sebanyak 86 persen, namun tahun kemarin hanya mencapai 50 persen.

“Warga Somalia berada dalam penderitaan tak berkesudahan selama 25 tahun. Kita tidak bisa lari dari tanggung jawab kita untuk tetap bersama mereka, untuk menolong menguatkan kemajuan kecil ini… dan semua ini butuh dana,” tambahnya.(lb/alalam/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL