tornado_arkansasLittle Rock, LiputanIslam.com — Tornado besar yang menerjang bagian selatan-tengah Amerika Serikat pada Minggu (27/4) telah menghancurkan negara bagian Arkansas dan Oklahoma dan menewaskan sedikitnya 17 orang. Otoritas setempat terus mencari para korban yang tertimbun reruntuhan dan berharap masih ada yang bisa diselamatkan.

Angin kencang membuat rumah dan mobil-mobil terbalik dan menumpuk di atas puing-puing bangunan lainnya. Kota kecil Vilonia di bagian tengah Arkansas mengalami kerusakan terparah.

Otoritas Arkansas mengatakan sedikitnya 10 orang tewas di Faulkner dan enam korban tewas lainnya berasal dari seluruh negara tetangga Oklahoma itu.

Petugas terus mencari korban dengan menggali puing-puing di Vilonia. Salah satu televisi kabel di sana Weather Channel menayangkan gambar dahsyatnya terjangan tornado. Mobil terbalik dan di dalamnya masih terdapat penumpang.

Tornado juga menghantam sisi timur Mayflower sekitar 07.30 waktu setempat dan menewaskan sedikitnya satu orang , merobek pohon dan menjatuhkan kabel listrik.

“Sangat berbahaya di sini sekarang. Kabel listrik turun , jalan yang diblokir dan mereka harus melanjutkan dengan hati-hati,” kata seorang anggota dewan kota, Will Elder seperti dilansir Reuters Senin (28/4).

Departemen Manajemen Darurat Arkansas mengatakan 10 orang ditemukan tewas di Faulkner, lima di Pulaski County dan satu di White County. Satu orang juga dilaporkan tewas di kota kecil Quapaw, di timur laut Oklahoma.

Badai tornado terlihat 200 kilometer di sebelah timur laut Oklahoma sekitar pukul 05.45 waktu setempat. Media dan Dinas Cuaca Nasional telah mengeluarkan peringatan bencana tornado di negara bagian Arkansas, Tennessee dan Mississipi.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL