topanOkinawa, LiputanIslam.com — Sebuah topan super atau topan dengan kekuatan paling besar, tengah terbentuk dan diperkirakan bakal bergerak ke dekat salah satu pulau utama Jepang, Okinawa.

Saat topan ini mendekati Okinawa, hari Selasa (8/7), diperkirakan kekuatan topan ini akan mencapai kategori 5 atau badai. Demikian keterangan para ahli cuaca seperti dilaporkan CNN, Senin (7/7).

“Ini adalah monster,” kata meteorologis AS Tom Sater kepada CNN tentang topan tersebut.

Okinawa, merupakan pangkalan dari beberapa fasilitas militer AS, secara rutin menjadi perlintasan badai-badai besar. Tidak mengherankan jika semua bangunan di pulau ini didisain untuk menghadapi badai.

Para pejabat di pangkalan militer Kadena Air Base, pangkalan militer terbesar AS di Asia Pasific, menyatakan kewaspadaannya terhadap kedatangan topan tersebut.

“Saya tidak bisa memastikan bagaimana bahaya dari topan ini terhadap Okinawa,” kata Brigjen James Hecker, komandan satuan 18th Wing di akun resmi Facebook satuannya.

“Ini adalah topan terbesar yang diperkirakan akan menerjang pulau ini selama 15 tahun terakhir,” tambahnya.

Pusat Peringatan Topan Bersama (Joint Typhoon Warning Center) memperkirakan pada hari Selasa, topan Neoguri bisa memiliki kecepatan hingga 265 km per-jam hingga 320 km per-jam. Dengan kecepatan seperti ini, ombak yang terjadi bisa mencapai 12 meter.

Setelah melintasi Okinawa, topan Neoguri akan melemah sebelum menabrak daratan Jepang, namun kerusakan masih bisa ditimbulkan oleh sisa-sisa topan ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL