topan manilaManila, LiputanIslam.com — Topan Rammasun melanda Filipina, menewaskan 10 orang, mematikan aliran listrik di ibukota, dan memaksa ratusan ribu orang untuk mengungsi. Demikian keterangan otoritas Filipina, Rabu (16/7) sebagaimana dilaporkan Straits Times.

Topan Rammasun yang merupakan topan terkuat yang melanda Filipina tahun ini melintasi wilayah selatan ibukota Manila, Rabu (16/7), setelah sebelumnya menimbulkan kerusakan parah di Pulau Luzon.

Akibat topan tersebut kantor-kantor pemerintah, kantor-kantor keuangan dan sekolah-sekolah diliburkan. Jalan-jalan utama di Pulau Luzon tertutup oleh pohon-pohon tumbang dan material yang terbawa topan, rumah-rumah rusak dan aliran listrik pada di sebagian besar tempat karena tiang-tiang listrik yang bertumbangan.

Topan yang melanda Manila juga memaksa sebuah pesawat penumpang Singapura Airlines (SIA) yang tengah parkir, terdorong dan menabrak jembatan penumpang di Bandara Manila. Akibatnya bagian sayap pesawat tersebut mengalami kerusakan dan mengharuskan pesawat menjalani perbaikan.

“Tidak ada penumpang maupun awak pesawat saat peristiwa ini. Para insinyur kami akan memeriksa kondisinya jika keadaan sudah membaik,” demikian keterangan Singapore Airlines hari Rabu.

Sejauh ini belum ada laporan perubahan jadwal penerbangan SIA antara Manila dengan Singapura. Namun akibat kecelakaan itu panumpang yang hendak menumpang pesawat tersebut dipindahkan ke pesawat lainnya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL