japan-asia-typhoonTokyo, LiputanIslam.com — Topan kuat Phanfone memporak-porandakan sebagian wilayah Jepang dan mengacaukan kehidupan warga Jepang, hari Minggu (5/10) dan Senin (6/10).

Topan ini setidaknya telah menewaskan seorang personil militer wanita AS di Okinawa yang terseret oleh ombak besar yang terdorong oleh topan tersebut. Demikian laporan BBC News.

Ribuan rumah kehilangan penerangan di seluruh Jepang, sementara 2 maskapai penerbangan terbesar membatalkan sejumlah besar penerbangan. Topan ini juga menghentikan upaya pencarian korban letusan gunung yang menewaskan puluhan orang minggu lalu.

Situs pengamat badai Tropical Storm Risk memperkirakan topan Phanfone melemah ketika memasuki Lautan Pasifik. Jepang mengalami sekitar 11 terjangan topan dan badai sepanjang tahunnya.

Sebelumnya topan ini telah turun statusnya kekuatannya dari topan super menjadi topan biasa, namun Japan Meteorological Agency mengingatkan topan ini masih tetap membahayakan.

Topan Phanfone memulai terjangannya di kota Hamamatsu, dengan kecepatan 180 km per-jam pada Senin (6/10) pagi. Selain menewaskan seorang personil militer AS di Okinawa, 2 personil militer AS lainnya masih hilang setelah terseret ombak besar. Polisi menyebutkan ketiganya tengah berfoto di pantai ketika ombak besar menerjang mereka.

Seorang mahasiswa di Prefektur (Provinsi) Kanagawa yang tengah berselancar juga dinyatakan hilang. Setidaknya 10 orang luka-luka dan 9.500 rumah kehilangan penerangan, demikian laporan televisi Jepang NHK, Senin (6/10).

Situs Kementrian Transportasi Jepang menyebutkan bahwa topan tersebut diperkirakan menyebabkan terjadinya hujan dengan curahan 100 mm di Tokyo dan sekitarnya selama 24 jam.

Sejumlah sekolah ditutup dan 2 perusahaan otomotif Jepang menghentikan produksinya di beberapa pabriknya. Selain itu lebih dari 174 penerbangan domestik juga dibatalkan atau ditunda keberangkatannya.

Topan juga mengakibatkan lomba balap mobil Formula 1 yang digelar di Suzuka pada hari Minggu, dihentikan di tengah perlombaan, setelah pembalap Jules Bianchi mengalami kecelakaan dan menderita luka-luka.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL