topan haikouBeijing, LiputanIslam.com — Topan Kalmaegi menerjang kawasan Provinsi Hainan di Cina selatan, setelah sebelumnya menimbulkan sejumlah kerusakan yang merengut jiwa di Filipina dan Hong Kong.

Puluhan ribu warga telah diungsikan terlebih dahulu menjelang kedatangan topan. Demikian laporan kantor berita Xinhua sebagaimana dikutip oleh BBC News, Selasa (16/9).

Sekolah-sekolah ditutup di kota Haikou dan sejumlah penerbangan dibatalkan, mengakibatkan sejumlah orang terlantar di bandara-bandara.

Topan Kalmaegi sebelumnya menerjang Hongkong dimana setidaknya 29 orang mengalami luka-luka. Demikian laporan kantor berita AFP. Selain itu sebanyak 500 penerbangan ditunda dan perdagangan di bursa saham Hongkong juga dihentikan.

Topan tersebut pertama kali muncul di Filipina, Sabtu (13/9) petang, memicu ombak besar yang mengakibatkan tenggelamnya kapal feri di Filipina tengah. Dalam peristiwa ini sebanyak 6 orang dilaporkan tewas.

Sementara di Manila, sebuah kapal feri lainnya terbalik, namun seluruh penumpang dan awaknya selamat.

Namun beruntungnya, topan tersebut lebih banyak menerjang kawasan yang sepi penduduk. Demikian para pejabat Filipina menyebutkan.

Ketika menerjang Hongkong, Senin petang (15/9), topan Kalmaegi berada pada level 8 skala kekuatan topan yang maksimal berada pada level 10. Sebelum tengah hari, Selasa (16/9), kekuatannya melemah menjadi level 3, pada saat topan bergerak menuju Hainan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL