abbottCanberra, LiputanIslam.com — Perdana Menteri Australia Tony Abbott selamat dari upaya pelengseran dirinya dari kekuasaan. Dengan suara 61 melawan 39, Tony Abbott berhasil memenangkan kepercayaan anggota-anggota Partai Liberal yang dipimpinnya, yang berarti mempertahankan kekuasaannya.

Ujian kepemimpinan yang dialami Abbott tersebut dimulai pada hari Jumat (6/2), didukung oleh sebagian anggota parlemen Partai Liberal yang kecewa dengan kepemimpinannya yang mengakibatkan popularitasnya merosot tajam. Namun kini Abbott mengatakan bahwa permasalahan itu kini telah selesai.

“Partai Liberal telah mengatasi masalah ini dan kini masalah itu sudah kami tinggalkan,” katanya, Minggu (8/2), sebagimana dilansir BBC News.

“Ketika kita memilih pemerintahan, ketika kita memilih seorang perdana menteri, nada berhak untuk mempertahankan pemerintahan dan perdana menteri itu hingga Anda mendapat kesempatan untuk mengubah pikiran,” katanya.

“Maka, perhatiannya kini adalah pada pembukaan lapangan kerja, keluarga, ekonomi yang kuat dan keamanan nasional,” tambahnya.

Menteri komunikasi Malcolm Turnbull dianggap sebagai kandidat kuat pengganti Abbott jika ia tersingkir, namaun pada akhirnya pada anggota parlemen lebih mendukung Abbott. Demikian BBC News menyebutkan.

Sebelum pemungutan suara internal itu, popularitas Abbott di mata publik berada pada titik terendah. Jajak pendapat yang digelar Newspoll menunjukkan dukungan terhadap Abbott hanya sebesar 24%.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL