shia genocidePeshawar, LiputanIslam.com — Tokoh Syiah Pakistan kembali menjadi korban pembunuhan kelompok-kelompok ekstremis setempat. Sekelompok militan bersenjata menembak mati tokoh Syiah di kota Peshawar, Pakistan hari Selasa (4/2). Aksi brutal tersebut kontan memicu aksi demonstrasi besar-besaran umat Syiah Pakistan menentang aksi-aksi kekerasan yang sering menimpa mereka tanpa ada tindakan tegas dari pemerintah.

Para pajabat keamanan mengatakan, peristiwa penembakan tersebut menimpa tokoh Syiah Sardar Ali Asghar. Para penyerang berhasil melarikan diri sebelum aparat keamanan datang dan mengamankan lokasi.

Tidak lama setelah penembakan, para demonstran turun ke jalan-jalan di Peshawar dan kota-kota besar lainnya di seluruh Pakistan mengecam aksi kekerasan yang terus terjadi terhadap kaum Syiah Pakistan yang jumlahnya mencapai 30% lebih dari seluruh penduduk Pakistan.

Beberapa serangan terhadap orang-orang Syiah terjadi di Pakistan dalam beberapa bulan terakhir. Laporan-laporan menyebutkan kelompok teroris Lashkar-e-Jhangvi (LeJ) dan beberapa kelompok pro-Taliban berada di balik aksi-aksi kekerasan terhadap komunitas Syiah Pakistan.

Menurut sumber-sumber lokal, aksi-aksi kekeraran terhadap orang-orang Syiah yang dilakukan para teroris selama ini telah menelan nyawa ribuan orang. Aksi-aksi kekerasan tersebut telah memicu reaksi keras masyarakat internasional. Namun sangat jarang pelaku tindakan kekerasan itu yang tertangkap.

Pada bulan September 2013 lalu kelompok pembela HAM Human Rights Watch mengeluarkan pernyataan yang mendesak pemerintah Pakistan untuk melakukan langkah serius untuk melindungi kaum Syiah Pakistan. Para tokoh Shiah Pakistan juga telah mendesak pemerintah untuk membentuk komisi yudisial untuk menyelidiki aksi-aksi kekerasan tersebut.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL