TNIBandung, LiputanIslam.com–Salah besar bila kita menganggap rendah senjata buatan dalam negeri. PT PINDAD, BUMN yang bergerak di bidang industri pertahanan, terbukti berhasil memproduksi berbagai jenis senjata mutakhir. Kecanggihan senjata produksi PINDAD teruji antara lain dengan kemenangan Tim Menembak TNI-AD dalam Lomba Menembak Australian Army Skills at Army Meeting (AASAM). Lomba yang mengundang tentara dari negara-negara se-Asia-Pasifik ini diadakan setiap tahun di Australia. Dalam lima tahun terakhir, TNI selalu menjadi juara umum. Senjata andalan TNI dalam lomba ini adalah Senapan Serbu 2 (SS-2) buatan PT PINDAD.

Pada AASAM tahun 2009, kontingen TNI-AD dapat menunjukkan prestasi terbaiknya dengan mendapatkan 59% medali emas, 41% medali perak dan 39% medali perunggu dari jumlah 41 medali yang diperebutkan, sekaligus mengukuhkan posisinya sebagai Juara Umum. Tahun 2010, TNI AD telah berhasil mempertahankan prestasi sebagai Juara Umum, dengan perolehan 22 medali emas, 13 medali perak, dan 14 medali perunggu. Selanjutnya, pada AASAM 2011, TNI AD berhasil meraih medali emas terbanyak. Pada babak akhir kompetisi, Malaysia menjadi lawan terkuat Indonesia, namun kontingen petembak TNI AD berhasil meraih 7 medali emas, 9 medali perak dan 5 medali perunggu, dimana Indonesia mengungguli peserta-peserta dari negara lainnya.

AASAM tahun 2012, kontingen TNI AD yang dikirim berjumlah 17 orang. Dari 51 medali yang disiapkan dalam kejuaraan itu, prajurit TNI AD menyabet 25 emas, sementara tentara Amerika hanya memperoleh 2 emas dan 5 perunggu, sedang Australia diperingkat kedua hanya mengantongi 9 emas, 12 perak dan 7 perunggu.

Terakhir, pada AASAM 2013 yang berlangsung di Puckapunyal Military Area, Victoria, Australia, pada 1 – 16 Mei, TNI kembali berjaya. Kali ini lomba diikuti 18 negara Asia-Pasifik, memperebutkan 58 medali dari 58 nomor menembak. Tim Indonesia pada AASAM 2013 beranggotakan 24 prajurit Kostrad dan 6 dari Kopassus. Indonesia pun kembali menyabet gelar juara umum.  (fa/dari berbagai sumber)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL