anti korupsi cinaBeijing, LiputanIslam.com — Di tengah upaya gencar Cina memerangi korupsi, otoritas negara itu berencana menerapkan undang-undang khusus untuk meningkatkan kampanye anti-korupsi. Demikian kata ketua parlemen negara itu seperti dikutip Reuters dan dilansir Antara, Senin (9/3).

Pejabat tinggi Partai Komunis Cina, Zhang Dejiang, mengeluarkan pengumuman itu dalam sidang pleno Kongres Rakyat Nasional yang dihadiri sekitar 3.000 anggota delegasi. Ia tidak memberikan keterangan rinci mengenai letak perbedaan undang-undang baru itu dari pada UU yang saat ini berlaku yang banyak mengincar praktik-praktik seperti suap dan penggelapan.

Biasanya dalam tiap kasus korupsi, partai komunis  pertama-tama melakukan penyelidikan internal sebelum menyerahkan para tersangka kepada jaksa penuntut.

Kantor berita resmi Xinhua mengatakan pengajuan undang-undang baru itu muncul pada sebuah pertemuan penting partai tersebut musim gugur lalu yang membahas masalah aturan hukum di Cina.

“Badan legislatif tertinggi sedang mempertimbangkan untuk menerapkan hukuman lebih berat terhadap mereka yang melakukan kejahatan penggelapan dan penyuapan,” lapor Xinhua.

Presiden Xi Jinping, yang mulai menjabat pada 2013, telah bertekad untuk mengejar “macan-macan” kuat dan mengatakan masalah itu demikian seriusnya hingga dapat berdampak pada kemampuan partai dalam menjaga kekuasaan.

Undang-undang lainnya yang direncanakan diterapkan akan termasuk undang-undang soal kekerasan dalam rumah tangga, teror, manajemen lembaga swadaya masyarat asing serta keamanan dunia maya, tambah Zhang.

Amandemen juga akan dilakukan terhadap undang-undang mengenai polusi udara, sedangkan undang-undang antiteror telah mengundang kekhawatiran internasional, termasuk dari Amerika Serikat.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*