rescuers_work_india_landslide_MasterPune, LiputanIslam.com — Tim penyelamat berburu waktu untuk menyelamatkan puluhan warga yang masih tertimbun di dalam longsoran tanah yang menimpa mereka di kota Pune, negara bagian Maharashtra.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Kamis (31/7), sekitar 200 terkubur tanah longsor yang terjadi Rabu (30/7) pagi dan sebanyak 30 orang di antaranya telah dinyatakan tewas. Namun setelah 2 hari terkubur dalam longsoran, harapan untuk menemukan korban yang selamat semakin tipis.

Para pejabat setempat menyebutkan hujan deras telah menghambat upaya penyelamatan.

“Beberapa keajaiban telah terjadi, dan kami akan terus mencari. Namun dengan kondisi seperti sekarang ini harapannya sangat tipis,” kata Alok Avasthy, komandan tim SAR setempat kepada kantor berita AFP.

Keluarga korban berkumpul di sekitar lokasi longsoran, berusaha mendapatkan kabar terbaru tentang nasib keluarga mereka yang menjadi korban. Sebagian lainnya berusaha mengumpulkan harta benda yang tersisa.

Sementara itu dari 8 orang yang berhasil diselamatkan terdapat seorang bayi berusia 3 bulan bersama ibunya yang berusia 25 tahun. Mereka berhasil diselamatkan 8 jam setelah terjadinya longsor.

“Saya tengah menyusui bayi saya ketika saya mendengar suara dentuman keras. Saya mencoba lari namun dinding runtuh dan menghalangi saya,” kata sang ibu muda kepada reporter AFP di rumah sakit yang merawatnya.

“Saya dekap erat-erat anak saya dan mencoba berteriak, namun tidak mendengar suara apapun,” tambahnya.

Bencana itu baru diketahui ketika seorang sopir bus yang melintas dekat desa Malin, melihat desa tersebut sudah tidak terlihat lagi karena tertimbun longsoran.

Operasi pencarian tertunda berkali-kali karena hujan lebat, Kamis kemarin (31/7). Gubernur Maharashtra Prithviraj Chavan mengatakan kepada Press Trust of India lebih dari 160 orang diperkirakan masih tertimbun di dalam longsoran bersama 44 rumah mereka.

Tanah longsor biasa terjadi di India, terutama selama musim hujan antara bulan Juni sampai September. Juni tahun lalu sebanyak 500 orang tewas dan ribuan lainnya hilang setelah terjadi serangkaian bencana banjir dan tanah longsor di negara bagian Uttarakhand.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL