mh370 searchingPerth, LiputanIslam.com — Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 akan dialihkan wilayahnya beberapa ratus mil ke selatan wilayah pencarian sebelumnya. Demikian pernyataan pejabat otoritas pencarian MH370.

Sebagaimana dilaporkan BBC hari ini (20/6), mengutip pernyataan pimpinan Australian Transport Safety Bureau (ATSB), Martin Dolan, bahwa pencarian akan difokuskan pada area sejauh 1.800 km dari kota Perth.

Wilayah-wilayah yang berdekatan sebelumnya telah diamati melalui udara, namun pengamatan bawah laut diarahkan ke sebelah utara setelah sebelumnya terdeteksi adanya “ping”.

MH370 hilang secara misterius dalam perjalanan antara Kualalumpur-Beijing tanggal 8 Maret lalu bersama 239 penumpang dan awak di dalamnya. Tim pencari yang dikoordinir oleh Australia berharap suara ping yang terdeteksi setelah hilangnya pesawat, berasal dari MH370. Namun setelah berminggu-minggu dilakukan pencarian, ternyata dipastikan ping tersebut berasal dari benda lain yang tidak terkait dengan MH370.

Pencarian terbaru yang akan segera diumumkan, akan dikaitkan dengan “ocean-bed mapping” yang kini tengah dipetakan oleh kapal-kapal survei.

Otoritas Australia menyebutkan bahwa kapal survei milik Belanda Fugro Equator kini tengah berada di lokasi pencarian yang menurut perusahaan operator satelit asal Inggris, Inmarsat, merupakan lokasi terakhir hilangnya kontak satelit dengan MH370.

Sementara kapal pengamat Cina Zhu Kezhen kini tengah dalam perjalanan menuju wilayah pencarian. Kedua kapal ini akan saling bekerjasama dengan menggunakan teknologi pencarian masing-masing untuk menemukan MH370.

Kedalaman laut di wilayah pencarian mencapai lebih dari 6.000 meter.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL