jackson-pollock-meNew York, LiputanIslam.com — Tiga orang pria ditangkap di New York karena menjual lukisan palsu seharga Rp383 milliar. Lukisan tersebut diprediksi adalah karya seniman Mark Rothko dan Jackson Pollock.

Pemalsu lukisan itu adalah pelukis asal Cina bernama Pei Shen Qian, 75 tahun. Ia diduga kuat yang berhasil memalsukannya dan telah melarikan diri ke Cina. Pihak Jaksa Manhattan, Preet Bharara mengatakan ketiga orang penipu tersebut telah ditangkap di Spanyol pekan lalu.

“Mereka menipu korban agar membayar lebih dari Rp383 milliar,” ujarnya seperti dilansir dari situs ABC, Kamis (24/4).

Para penipu tersebut di antaranya adalah Bergantinoz Diaz, 65 tahun dan Jose Carlos, 58 tahun. Mereka menyembunyikan hasil uang ilegal tersebut di luar negeri. Satu terdakwa lainnya adalah Glafira Rosales yang sudah melakukan bisnis penjualan lukisan palsu ini sejak 1990-an silam. Rosales sudah lebih dulu mengaku bersalah kepada pengadilan.

Awalnya, tindakan ini terjadi ketika para penipu tersebut pertama kali bertemu dengan Pei di sudut jalan di Manhattan, tempat biasa ia menjual lukisan. Ia ditawari harga tinggi untuk membuat lukisan palsu dan mengiyakannya. Kemudian Jose Carlos membeli kanvas di pasar loak dan menodainya dengan kantong teh.

“Ini adalah cara untuk membuatnya terkesan tua.”(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*