LiputanIslam.comStockholm International Peace Research Institute (SIPRI), pada Senin kemarin (11/3) telah merilis daftar negara-negara importir dan eksportir senjata terbesar di dunia. Arab Saudi masuk dalam daftar pengimpor senjata terbesar di wilayah Arab. Arab Saudi telah mengimpor 22 % dari total produksi senjata Amerika, sebagai produsen senjata terbesar di dunia. Hal ini membuat peran Arab Saudi sebagai pasar senjata sekaligus mitra Amerika di Timur Tengah semakin kuat. Negara Arab kedua dan ketiga disusul oleh Mesir dan Uni Emirat Arab.

Laporan penelitian itu juga menjelaskan bahwa Amerika adalah negara pengekspor senjata terbesar di dunia. Jumlah penjualan senjatanya mencapai lebih dari sepertiga dari total penjualan senjata di seluruh dunia. Pasar senjata buatan Amerika ini telah menjangkau sedikitnya 98 negara.

Produsen senjata kedua terbesar di dunia diduduki oleh Rusia, yang jumlah penjualan senjatanya menguasai 1/5 pasar senjata dunia. Pasar senjata buatan Rusia telah menjangkau sekitar 48 negara. Posisi selanjutnya diisi oleh Perancis, Jerman, dan Cina. (fd/al-Alam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*