KSA_UAE_BahrainRiyadh, LiputanIslam.com — Arab Saudi, Uni Emirat Arab ( UEA ) dan Bahrain mengatakan pada hari Rabu (5/3) bahwa  mereka menarik duta besar mereka dari Qatar sebagai wujud  protes atas campur tangan Qatar dalam urusan internal mereka,  seperti yang diumumkan dalam pernyataan bersama ketiga negara tersbut.

Ketiganya  membuat keputusan setelah mengadakan pertemuan pada hari Selasa (4/3) yang melibatkan para menteri luar negeri dari enam negara Persian Gulf Cooperation Council di Riyadh .

Negara-negara PGCC  telah mengerahkan upaya besar-besaran untuk berkomunikasi dengan Qatar pada semua elemen untuk menyepakati kebijakan bersama bahwa tidak ada interferensi langsung maupun tak langsung dalam urusan internal setiap negara anggota.

Negara-negara anggota GCC juga telah meminta  Qatar untuk menghentikan dukungannya terhadap salah satu partai ataupun kelompok yang berpotensi mengancam keamanan dan stabilitas dari setiap anggota GCC.  Saat ini Qatar mendukung gerakan  Ikhwanul Muslimin yang dilarang di sebagian besar negara-negara Teluk.

Dalam hal ini, Qatar telah melanggar pedoman PGCC pada poin ‘kebijakan dan posisi mendukung IM’, khususnya di Mesir. Harian al-Arab mengabarkan bahwa Arab Saudi yakin sikap Qatar tidak patuh dengan perjanjian yang telah ditandatangani pada pertemuan puncak di Riyadh dihadapan Emir Kuwait dua bulan yang lalu. Dalam perjanjian tersebut disepakati bahwa Qatar harus menghentikan berbagai aktivitas di wilayahnya yang merugikan KSA.

Sebelumnya, Arab Saudi  mengancam akan mengisolasi Qatar dengan menutup perbatasan dan wilayah udara jika pemerintah Qatar tidak menghentikan dukungannya kepada Ikhwanul Muslimin seperti yang dilaporkan al-Alam News yang mengutip al-Arab, sebuah surat kabar yang memiliki hubungan dekat dengan para pengambil kebijakan di Arab Saudi. Keputusan yang berangkat dari ketidak-cocokan diantara negara-negara anggota GCC belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah tiga dekade aliansi petrodollar  Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Qatar, UEA dan Oman yang pro Barat. (LiputanIslam.com/al-manar/al-alam/af)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*