heli chinnockKathmandu, LiputanIslam.com — Tiga helikopter militer Inggris yang dikirimkan ke Nepal untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di negara itu terpaksa dipulangkan karena tidak terpakai. Pemerintah setempat mengatakan.

Helikopter pengangkut jenis CH47 Chinook itu dikirimkan ke Nepal dua minggu lalu untuk membantu mengangkut bantuan kemanusiaan dan korban gempa bumi yang membutuhkan pertolongan. Namun dalam seminggu terakhir ketiga helikopter itu hanya ‘mangkrak’ di New Delhi, India. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Sabtu (16/5).

Kemenhan Inggris menyebut keputusan memulangkan helikopter itu diambil oleh pemerintah Nepal, bukan pemerintah Inggris. Hal itu disebutnya sebagai ‘mengecewakan’.

“Kami kecewa bahwa helikopter-helikopter Chinooks kami tidak bisa mendukung permintaan World Food Programme (WFP) untuk mendistribusikan bantuan, namun semua keputusan yang berkaitan dengan bantuan kemanusiaan ditentukan oleh pemerintah Nepal,” kata Jubir Kemenhan Inggris kepada BBC.

BBC menyebut hal itu sebagai keputusan yang sangat janggal, mengingat Nepal sangat membutuhkan lebih banyak helikopter untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan. Namun diduga  helikopter berukuran besar yang memiliki 2 baling-baling besar itu dikhawatirkan akan menimbulkan dampak buruk bagi struktur bangunan yang rapuh setelah terkena gempa.

“Namun pilot-pilot AU Inggris sangat berpengalaman dalam mengirim bantuan di wilayah-wilayah berbahaya,” tulis BBC.

Spekulasi lain yang berkembang adalah adanya penolakan dari Cina dan INdia yang tidak menginginkan helikopter militer Inggris terbang di dekat wilayah mereka. Namun hal ini pun terbantahkan oleh fakta bahwa helikopter-helikopter militer AS pun terbang di wilayah Nepal, dan tidak ada keberatan dari kedua negara tersebut.

Pada tanggal 25 April lalu gempa hebat berkekuatan 7,8 Skala Ritcher melanda Nepal, menewaskan lebih dari 8.000 orang dan melukai ribuan orang lainnya. Pada hari Selasa (12/5) gempa susulan berkekuatan 7,3 Skala Ritcher kembali melanda negara itu menewaskan 110 orang.

Saat ini terdapat sekitar 300 personil militer Inggris yang diperbantukan dalam operasi kemanusiaan di Nepal.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL