chiangmaiChiang Mai, LiputanIslam.com — Provinsi-provinsi di utaran dan timur laut Thailand terancam bencana suhu dingin setelah terjadinya sistem tekanan tinggi yang menyelimuti Thailand.

Sebanyak 25 kabupaten di Provinsi Chiang Mai telah dinyatakan sebagai tempat yang dilanda udara dingin karena suhu lokal turun di bawah 15 derajat Celcius selama lebih dari tiga hari terakhir, demikian sebagaimana dilaporkan kantor berita TNA dan dikutip oleh Antara, Selasa (13/1).

Diperkirakan kondisi cuaca itu telah berdampak buruk bagi sekitar dua juta orang warga Thailand utara. Suhu terendah dikabarkan terjadi di Mae Chaem dan Galyani Vadhana pada titik 6 derajat celcius.

Pihak yang berwenang mendistribusikan perlengkapan musim dingin kepada orang-orang yang terkena dampak saat peramal cuaca memprediksi suhu menurun lebih lanjut sampai 4-6 derajat Celsius di seluruh Thailand mulai Rabu (14/1) sampai Jumat (16/1). Sementara itu di Provinsi Khon Kaen, suhu diukur 15 derajat Celcius Selasa pagi (13/1).

Sekitar 200.000 orang di 12 kabupaten terkena dampak. Pemerintah dan organisasi swasta mendistribusikan sekitar 20.000 selimut, tetapi warga mengatakan mereka membutuhkan sekitar 180.000 lagi.

Sembilan kabupaten di Provinsi Uttaradit telah dinyatakan zona darurat dingin dan hampir 80.000 orang membutuhkan perlengkapan musim dingin. Di Provinsi Phichit, badai menyebabkan suhu lokal jatuh ke 15-16 derajat Celcius sebelum akhir pekan. Sekitar 55.000 keluarga di 12 kabupaten membutuhkan perlengkapan musim dingin.

Di Provinsi Sakhon Nakhon, suhu menurun menjadi sekitar 14 derajat Celcius ketika hujan berlangsung selama dua hari. Rumah sakit setempat mengobati pasien berpenyakit asma dan pernafasan, terutama pada anak-anak dan orang tua.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*