thailand2Bankok, LiputanIslam.com — Pemerintah Thailand mengumumkan bahwa mereka yang mengunggah foto “selfie” seksi dengan sebagian dada terbuka dapat dipenjara selama lima tahun.

Menurut laporan The Guardian yang dilansir Antara, Selasa (17/3), regim militer Thailand mengancam para wanita yang mengunggah foto sebagian bawah dada mereka, yang saat ini jadi tren di media sosial, dengan ancaman pelanggaran hukum kriminal komputer.

Pasal Tindak Kejahatan Komputer di Thailand tahun 2007 melarang material yang menyebabkan “kerusakan terhadap pertahanan negara atau menyebabkan kepanikan publik” atau “data tak senonoh apapun dalam komputer yang bisa diakses publik”.

Menteri Kebudayaan mengatakan pelanggar bisa diganjar hukuman lima tahun, namun tidak disebutkan bagaimana cara mengindentifikasi si pelanggar.

“Ketika orang-orang mengambil selfie dada bagian bawah ini, kita kan tidak akan bisa lihat mukanya bagaimana,” kata juru bicara Kementrian Kebudayaan Anandha Chouchoti.

“Jadi ini seperti, kita tak tahu ini milik siapa dan justru mendorong melakukan hal yang sama,” tambahnya.

“Kami hanya bisa mengingatkan orang-orang untuk tidak berfoto seperti itu. Itu tindakan yang tidak senonoh.”

Kementerian sudah lama dikritik atas terlalu ketatnya sensor atas film, musik, dan tayangan televisi serta beberapa praktik kebudayaan Barat dalam rangka menjaga nilai-nilai tradisional negara yang sebenarnya juga terkenal dengan kehidupan malamnya yang “liar”.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*