Beijing, LiputanIslam.com—Pemerintah Cina memberikan dukungan penuh kepada Venezuela untuk berkembang dengan cara sendiri meski selama beberapa waktu terakhir terus mendapat serangan politik dari AS.

“Semua negara berhak mengikuti jalur pengembangan yang sesuai dengan kondisi nasionalnya,” kata menlu Cina, Wang Yi, dalam sebuah pernyataan terbuka setelah mengadakan pertemuan dengan menlu Venezuela, Jorge Arreaza, pada Jumat (22/12/17) di Beijing.

“Cina berharap Venezuela mempertahankan pergerakannya dalam mengembalikan stabilitas, dan mendorong dibuatnya resolusi lewat dialog dan konsultasi dalam kerangka hukum,” tambahnya.

Cina dan Venezuela memiliki hubungan diplomatik dan bisnis yang dekat, terutama dalam bidang energi. Negara pimpinan Xi Jinping itu telah mendukung Venezuela melawan kecaman berkelanjutan dari AS dan sekutu-sekutunya mengenai situasi domestik di negara Amerika Latin itu.

Cina juga menolak interferensi AS dalam hubungan dalam negeri Venezuela.

Selama beberapa bulan terakhir, Venezuela menghadapi serangan politik dari berbagai pihak, terutama AS. Di tengah kekacauan politik di dalam negeri, setidaknya terdapat 125 orang pendukung pemerintah dan oposisi tewas dan dan lainnya terluka.

Pemimpin sayap kiri Venezuela, Nicolas Maduro, menuding AS berada di balik upaya kudeta untuk menjatuhkannya. (ra/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL