menhan korutSeoul, LiputanIslam.com — Menhan Korea Utara (Korut) Hyon Yong-chol dikabarkan telah dijatuhi hukuman mati karena tuduhan pengkhianatan. Demikian informasi yang dirilis inteligen Korea Selatan (Korsel) kepada parlemen seperti dilansir sejumlah media setempat.

Mengutip kantor berita Yonhap, BBC News melaporkan, Rabu (13/5) bahwa Hyon Yong-chol dieksekusi mati pada tanggal 30 April dengan tembakan senjata anti-pesawat. Ia dihukum mati karena menunjukkan ketidak setiaan kepada pemimpin Korut Kim Jong-un.

Sejauh ini informasi tersebut belum mendapatkan tanggapan dari otoritas Korut.

Yonhap, mengutip keterangan kepala inteligen Korsel dalam keterangannya kepada parlemen, menyebutkan bahwa penyebab hukuman mati itu dijatuhkan adalah karena Hyon tertidur saat mengikuti sebuah kegiatan yang dihadiri Kim Jong-un.

Hyon ditunjuk sebagai Menhan sejak tahun 2012 setelah sejumlah perwira dan pejabat tinggi disingkirkan dari posisinya oleh Kim Jong-Un. Ia disebut-sebut telah menduduki posisi sebagai perwira tinggi sejak tahun 2010, meski tidak banyak infomasi yang didapatkan tentangnya.

Ia diketahui terlibat dalam kepanitiaan upacara pemakaman pemimpin Korut sebelumnya, Kim Jong-il, pada bulan Desember 2011, satu indikasi bahwa ia dipercaya oleh penguasa baru Korut yang juga anak kandung Jong-il.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL