wartawa mexico diculikMexico City, LiputanIslam.com — 13 anggota polisi ditangkap di negara bagian Veracruz, Mexico, karena keterlibatan mereka dalam penculikan seorang wartawan tanggal 2 Januari lalu. Demikian BBC News melaporkan, Jumat (9/1)

Moises Sanchez, seorang wartawan sebuah media di kota Medellin, diculik dari rumahnya pada tanggal 2 Januari lalu. Ia dikenal dengan liputannya yang eksklusif tentang aksi-aksi kekerasan kelompok pengedar obat-obatan terlarang. Sampai sekarang keberadaan Sanchez masih tidak diketahui.

Keluarga dan teman-teman Sanchez yang mencurigai keterlibatan aparat kepolisian menggelar aksi demonstrasi di kota Xalapa, Rabu (7/1). Sebagian dari mereka menggelar spanduk besar bertuliskan: “Ini adalah tindakan negara”.

Para penyidik mengatakan bahwa ahli forensik tengah menyelidiki sesosok mayat yang ditemukan tidak jauh dari rumah Sanchez.

Komisi Nasional HAM Mexico menyebutkan bahwa 97 wartawan telah tewas di Mexico sejak tahun 2010 terkait dengan kegiatan jurnalisme mereka. Sementara Veracruz adalah negara bagian yang paling berbahaya bagi para jurnalis.

Kasus ini menambah kelam catatan kejahatan di Mexico setelah pada tanggal 26 September lalu polisi kota Iguala menculik 43 pelajar yang hingga saat ini tidak diketahui keberadaannya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*