berkeleyLos Angeles, LiputanIslam.com — Dekan fakultas hukum University of California at Berkeley (UC Berkeley), Sujit Choudhry, pertengahan pekan ini mengundurkan diri setelah mengakui melakukan kontak fisik dengan asistennya.

Perselingkuhan sang dekan disebut para pejabat kampus sebagai tindakan yang melanggar kebijakan anti-pelecehan seksual di fakultas tersebut. Demikian laporan Antara, Sabtu (12/3).

Pengunduran diri dosen berusia 46 tahun itu terjadi di tengah peningkatan pengawasan pada perguruan-perguruan tinggi di Amerika yang telah menangani tuduhan-tuduhan perkosaan dan pelecehan seksual di kampus.

Choudhry sendiri menghadapi tuntutan hukum dari perempuan yang menjadi asistennya.

Ia mengakui pernah beberapa kali melakukan kontak fisik yang tidak diinginkan dengan asisten tersebut, termasuk memeluk dan mencium sang asisten. Ia juga mengakui menarik tangan si asisten ke pinggangnya dan menyentuh bahu serta tangan perempuan itu dari arah belakang ketika sang perempuan sedang duduk di kursi meja tempatnya bekerja, demikian menurut keterangan universitas.

Namun Choudhry, yang untuk sementara ini akan tetap menjalankan tugasnya sebagai dekan fakultas hukum, membantah bahwa dirinya melakukan pelecehan seksual terhadap asistennya.

Asisten, yang namanya tidak disebutkan dalam laporan investigasi Kantor Pencegahan Pelecehan dan Diskriminasi di fakultas, juga menyampaikan aduan bahwa Choudhry memintanya untuk melakukan tugas-tugas pribadi, seperti mengirimkan dokumen-dokumen agunan serta mencari tempat pencucian pakaian.

Pengunduran diri dilakukan Choudhry satu hari setelah fakultas mengatakan sang dekan akan mengambil cuti dengan masa yang tidak ditentukan karena masalah itu.

Pengumuman soal siapa yang untuk sementara akan menggantikan Choudhry akan dilakukan secepat mungkin, kata fakultas.

Choudhry mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia telah bekerja sama secara penuh dengan fakultas dalam proses investigasi dan membantah bahwa ia melakukan pelecehan seksual.

“Saya akan segera mulai mengambil cuti sebagai Dekan Fakultas Hukum Berkeley, untuk memastikan bahwa tuntutan hukum ini tidak mengacaukan Fakultas Hukum, Universitas serta komunitas kita,” kata Choudhry dalam pernyataan pada Rabu sebagaimana dikutip Reuters.

Perempuan yang menuntut Choudhry akan diberi cuti berbayar sampai ia siap untuk kembali bekerja, kata fakultas.

Surat kabar mahasiswa Daily Californian melaporkan bahwa tuntutan hukum itu disampaikan pada hari Selasa dan menduga Choudhry juga terlibat perkara serupa dengan perempuan-perempuan lain di fakultas.

Dekan sebelumnya pada Fakultas Hukum, John Dwyer, mengundurkan diri pada 2002, menyusul tuduhan dari seorang mantan mahasiswi fakultas hukum bahwa Dwyer melakukan pelecehan seksual terhadapnya.

Oktober lalu, dosen astronomi UC Berkeley bernama Geoff Marcy juga mengundurkan diri terkait tuduhan pelecehan seksual.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL