srirasmiBangkok, LiputanIslam.com — Putra Mahkota Thailand Pangeran Vajiralongkorn memerintahkan gelar kebangsawanan yang disandang keluarga istrinya yang diduga terlibat tindakan korupsi. petang.

Sebagaimana dilansir BBC News, Sabtu (29/11), perintah tersebut dikeluarkan menyusul tertangkapnya 7 anggota keluarga Putri Srirasmi atas dugaan tindakan kriminal.

Putri Srirasmi Akrapongpreecha adalah istri ketiga Pangeran Vajiralongkorn yang menikah pada tahun 2001. Para pengamat kerajaan memperkirakan, pencabutan gelar itu akan diikuti langkah selanjutnya, yaitu perceraian.

Kedua pasangan itu disebut-sebut memiliki hubungan yang agak dingin meski keduanya sering muncul bersama di acara-acara resmi.

Sementara itu aksi-aksi penangkapan keluarga Putri Srirasmi selama 10 hari terakhir telah menjadi berita hangat media-media setempat, meski media-media tersebut berusaha menyembunyikan keterkaitannya dengan kerajaan.

Di antara yang ditangkap itu adalah seorang jendral polisi senior yang tidak lain adalah paman Putri Srirasmi. Ia dicurigai telah memperkaya diri dengan penyelundupan dan bisnis perjudian. Empat saudara dan 2 kerabat putri lainnya juga turut ditangkap.

Perintah pencopotan gelar itu telah disampaikan melalui surat yang dikirim kepada Mendagri. Demikian BBC News melaporkan.

Kejatuhan Putri Srirasmi ini datang pada saat yang sensitif, yaitu saat Raja Bhumibol Adulyadej (86 tahun) tengah mengalami masalah kesehatan serius. Juga terjadi saat Thailand dipimpin oleh regim militer. Sebagai istri putra mahkota, semestinya ia adalah kandidat kuat ratu Thailand mendatang.

Raja Bumiphol sendiri telah berkuasa sejak tahun 1946.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL