luthfiJakarta, LiputanIslam.com — Kementerian Perdagangan masih bertahan pada sikapnya terkait keputusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) atas kartel impor bawang putih. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, pihaknya menolak secara keras dianggap bersekonggol dalam permasalahan tersebut.

“Saya jamin kami akan naik banding karena Kementerian Perdagangan menolak secara keras dianggap bersekongkol dalam permasalahan kartel bawang tersebut,” kata Lutfi saat ditemui di Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia II, Senin (7/4).

Menurut Lutfi, pihaknya akan tetap mengajukan banding atas putusan tersebut.  Kementerian hingga saat ini masih mempelajari hasil putusan KPPU tersebut.

Sidang KPPU atas kasus kartel impor bawang putih pada Kamis (20/3) memutukan 19 pelaku usaha terlibat kegiatan kartel. Majelis hakim yang dipimpin Sukarmi juga menjatuhkan denda antara Rp 11-921 juta pada pelaku usaha yang dinyatakan terlibat.

Selain itu, dua pejabat dari instansi pemerintah yakni Menteri Perdagangan dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri hanya terbukti melanggar 24 Undang-undang nomor 5 tahun 1999.

“Rekomendasi KPPU untuk setiap instansi pemerintah dalam kasus ini adalah untuk lebih memperhatikan prinsip persaingan usaha dalam mengambil kebijakan dan berkoordinansi dalam penetapan kebijakan impor khususnya yang menggunakan skema kuota,” kata ketua majelis Sukarmi.(ca/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL