buckleyWashington DC, LiputanIslam.com — Seorang pejabat senior dinas inteligen AS CIA dikabarkan bakal mengundurkan pada akhir bulan Januari ini. Demikian Russia Today melaporkan, Selasa (6/1) dengan mengutip laporan-laporan terpercaya.

Inspektur Jendral David Buckley, pejabat yang bertanggungjawab dalam masalah pengawasan internal CIA dianggap sebagai figur kunci di balik munculnya laporan tentang usaha memata-matai para anggota Senat AS yang terlibat dalam penyelidikan praktik-praktik penyiksaan CIA.

Menurut keterangan sumber internal CIA Buckley telah merencanakan pengunduran diri sejak beberapa bulan terakhir untuk bekerja di perusahaan swasta.

“Kepergian Tuan Buckley telah dalam proses selama beberapa bulan,” kata jubir CIA Ryan Trapani kepada media AS Huffington Post.

“Setelah masa tugas yang panjang dan dengan karier yang cemerlang di sektor publik, ia tengah mengejar keinginan untuk berkarier di sektor swasta dan tidak ada alasan yang lebih kuat dari hal itu untuk pergi,” tambahnya.

Menurut Russia Today, baru kali ini kepindahan seorang Ispektur Jendral CIA menjadi berita media massa. Namun, diduga kuat hal ini terkait dengan munculnya laporan Senat AS tentang praktik-praktik penyiksaan oleh CIA. Lebih dari itu juga munculnya laporan-laporan tentang upaya penyadapan terhadap anggota-anggota Senat yang terlibat dalam penyelidikan tersebut dan upaya-upaya untuk membatalkan dirilisnya laporan itu.

Pada hari yang sama dengan pengumuman pengunduran diri itu Ketua Komisi Inteligen Senat AS Dianne Feinstein mengirim surat kepada Presiden Obama berisi rekomendasi untuk mencegah praktik-praktik penyiksaan di masa mendatang. Senat juga mendesak pemerintah untuk menegaskan bahwa seluruh operasi rahasia CIA harus sepengetahuan Inspektur Jendral.

Tentang pengunduran Buckely, Feinstein menegaskan bahwa CIA membutuhkan pejabat Inspektur Jendral seperti Buckley yang kuat dan independen. Ia pun memuji peran Buckley.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*