sepp blatterZurich, LiputanIslam.com — Sepp Blatter berhasil mempertahankan posisinya sebagai Presiden FIFA di tengah-tengah kasus korupsi yang tengah menjerat organisasi yang dipimpinnya. Dalam pemilihan yang berlangsung di markas besar FIFA di Zurich, Jumat (29/5), ia berhasil mengalahkan pesaing-pesaingnya, termasuk pesaing terkuat Pangeran Ali bin al-Hussein dari Yordania yang mengundurkan diri sebelum pemungutan suara.

“Saya adalah presiden (FIFA) sekarang, presiden untuk semua orang,” kata Blatter dalam pidaato kemenangannya seperti dilansir BBC News.

14 pejabat dan mantan pejabat FIFA kini tengah menjalani penahanan di AS dan Swiss karena dugaan praktik-praktik suap yang berlangsung di dalam organisasi FIFA selama 2 dekade terakhir.

Blatter (79 tahun) sebelumnya telah mendapatkan banyak tekanan untuk mengundurkan diri dari pemilihan, terkait dengan skandal tersebut. Di antara yang mendesak untuk mundur adalah PM Inggris David Cameron. Pada hari Kamis (28/5) di Berlin, Cameron mengatakan, ‘lebih cepat Blatter mengundurkan, adalah lebih baik.”

“Saya tidak sempurna, tidak ada orang yang sempurna, namun kita akan melakukan hal-hal baik bersama-sama, saya percaya. Saya mengambil tanggungjawab untuk membawa FIFA ke jalan yang benar,” kata Blatter sembari menyebut-nyebut kebesaran Tuhan dan Allah.

Di sisi lain ia juga menyinggung masa kepemimpinannya yang dianggap terlalu lima periode termasuk periode yang baru dimenangkannya.

“Setelah berakhirnya kepemimpinan saya, saya akan menyerahkan FIFA dalam kondisi yang kuat,” katanya.

Blatter juga memuji langkah Pangeran Ali yang mengundurkan diri sebagai langkah yang berani untuk mendukung dirinya.

Michel Platini, Presiden UEFA (salah satu cabang FIFA untuk wilayah Eropa) yang merupakan pendukung kuat Pangeran Ali dan menolak kepemimpinan Blatter mengatakan:

“Saya bangga bahwa UEFA telah membela dan mendukung gerakan perubahan di FIFA, perubahan yang menurut saya adalah krusial jika organisasi ini ingin mendapatkan kembali kredibilitasnya.”(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL