syria-armyDamaskus, LiputanIslam.com — Tentara Suriah semakin memperkokoh kedudukannya di sekitar kota strategis Yabroud dengan memperoleh kemenangan lebih lanjut terhadap militan asing yang didukung barat di kota Ras al Ayn. Hal ini semakin menyulitkan suplai bantuan bagi pemberontak yang selama ini mengalir dari Lebanon melewati kawasan ini.

Menurut laporan yang dirilis Press TV hari Rabu (19/3), tentara Suriah membuat kemajuan signifikan di dalam kota, melakukan beberapa operasi yang tepat, mengakibatkan kehancuran tempat persembunyian teroris dan membunuh sebagian besar dari mereka.

Para militan Takfiri melarikan diri ke desa-desa dan kota-kota dekat Yabroud setelah mereka kehilangan benteng utama mereka kepada tentara Suriah beberapa hari lalu. Tentara juga menguasai bengkel yang digunakan untuk membuat alat peledak di daerah tersebut. Empat roket rakitan juga ditemukan di bengkel tersebut.

Laporan itu juga mengatakan bahwa tentara Suriah meneruskan operasi terhadap militan di kota Jobar di timur ibukota Damaskus. Disebutkan bahwa para militan pemberontak telah menggali banyak terowongan yang mereka gunakan untuk melakukan penyusupan ke markas-markas dan pos-pos militer Suriah .

“Sementara memantau kegiatan para teroris kami menemukan terowongan sepanjang 100 meter … kita mengambil keputusan dan meledakkannya, membunuh banyak teroris,” kata seorang perwira Suriah kepada Press TV .

Pada hari Minggu (16/3), pasukan Suriah berhasil mengusir militan pemberontak dari Yabroud, kubu terakhir pemberontak di wilayah pegunungan Qalamoun, dekat perbatasan Lebanon.

Bendera nasional Suriah pun dikibarkan, pada Senin pagi, di alun-alun kota.

Pengambilalihan Yabroud secara efektif memotong jalur pasokan bagi para militan. Keberhasilan ini merupakan keuntungan besar bagi tentara Suriah, yang telah terlibat dalam pertempuran sengit melawan militan yang didukung asing selama tiga tahun.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL