syrian armyDamaskus, LiputanIslam.com — Tentara Suriah berhasil merebut basis terakhir pemberontak di perbatasan Lebanon di kota Yabroud, hari Senin (17/2).

Menurut laporan AFP dengan mengutip sumber dari Syrian Observatory, hari Senin militer Suriah terlibat pertempuran hebat dengan kelompok Al Nusra di pinggiran Yabroud, terutama di daerah Ras Maara. AFP juga menyebutkan Yabroud sebagai kota strategis yang sebelumnya menjadi basis pemberontak untuk melakukan serangan-serangan ke kota Maaloula dan Saidnaya serta mengancam jalur Damascus-Homs.

Sementara di Provinsi Aleppo yang selama ini menjadi medan perang terhebat, militer Suriah juga berhasil menguasai penuh wilayah Sheikh Najjar dan Talet al-Ghali dan menghancurkan sejumlah persembunyian pemberontak di luar kota Aleppo.

Dalam pertempuran di sekitar penjara pusat kota Aleppo, militer Suriah berhasil menewaskan sejumlah besar pemberontak  yang lagi-lagi gagal merebut penjara tersebut dari pasukan pemerintah. Demikian juga di wilayah pedesaan di sekitar Aleppo seperti Kwairis, Rasem al-Abboud, dan Kafr Saghir hingga kawasan industri Aleppo, militer Suriah berhasil memperkuat kedudukannya.

Unit-unit militer Suriah juga berhasil melenyapkan semua anggota kelompok teroris bersenjata di al Marjeh dan Qadi Askar dan menghancurkan senjata dan amunisi mereka. Sebuah unit tentara bentrok dengan kelompok teroris bersenjata yang mencoba untuk menyerang warga sekitar Masjid al Khasrafiyeh di kota tua Aleppo, menewaskan seluruh anggotanya .

Sejumlah pemberontak teroris yang berafiliasi dengan kelompok Jund al- Sham tewas, termasuk sayap militer kelompok tersebut di daerah al Zara dan al Hosn al Gharbi, Faisal Dawoud Oqla serta teroris asal Lebanon Jamal al Shater .

Sebuah sumber mengatakan kepada kantor berita SANA bahwa unit militer menghancurkan kelompok teroris bersenjata dan menghancurkan sejumlah tempat persembunyian dan pertemuan mereka dengan semua senjata dan amunisi mereka di desa al Khaldiyeh dan al Dar al Kabira dan di al Masabigh dan al  Qarabis.(ca/sana/afp/almanar.com.lb)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL