Damaskus, LiputanIslam.com – Dalam serangannya di wilayah Al-Qaboun, tentara Suriah berhasil membobol garis pertahanan terakhir milisi bersenjata serta mengusir mereka dari kawasan yang diduduki. Selain itu, tentara Suriah juga menawan dan menewaskan sejumlah milisi. Demikian laporan yang dikutip kantor berita Fars News pada Jumat (5/5).

“Para prajurit Suriah berhasil membuat kemajuan besar dalam pertempuran kali ini. Mereka berhasil merebut kembali beberapa gedung di sejumlah distrik dari tangan teroris,” ucap salah satu tentara.

Hari Kamis (4/5) lalu, tentara Suriah melancarkan serangan dengan sasaran garis pertahanan terakhir milisi di wilayah Al-Qaboun, Ghouta Timur. Mereka bertempur dengan anggota Front Al-Nusra  yang sekarang berganti nama dengan Front Fatah Al-Sham atau Dewan Pembebasan Levant di wilayah tersebut.

Hari Rabu sebelumnya, tentara Suriah menembakkan artileri dan rudal tepat ke posisi milisi di Al-Qaboun. Akibatnya, para milisi tersebut meninggalkan wilayah tenggara kota menuju wilayah utara. Al-Nusra pun kehilangan banyak anggotanya. Selain itu, tentara Suriah berhasil merebut kembali 7 distrik dari tangan teroris dan menemukan terowongan yang menghubungkan wilayah tenggara sampai barat Al-Qaboun.

“Mengingat sejumlah serangan besar-besaran dengan menggunakan unit tank, senjata artileri, dan rudal yang ditembakkan sebelumnya, kebebasan Al-Qaboun dari tangan teroris sudah dekat dan akan segera diraih,” tambah sumber tersebut.

Meskipun hampir semua milisi di Al-Qaboun telah dilumpuhkan oleh tentara Suriah, negosiasi masih berlangsung karena adanya kesediaan sejumlah milisi untuk menyerah dan meminta agar dievakuasi secara aman ke Idlib. (AL/Fars News)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL