A protester is gunned down by Nigerian military forces during a rally marking International Quds Day in Zaria, Nigeria, on July 25, 2014//Press TV

A protester is gunned down by Nigerian military forces during a rally marking International Quds Day in Zaria, Nigeria, on July 25, 2014//Press TV

Zaria , LiputanIslam.com — Nasib naas menimpa 25 demonstran, termasuk anak-anak pemimpin Gerakan Islam di Nigeria. Mereka ditembak mati dalam demonstrasi anti-Israel yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Quds Internasional di negara benua hitam tersebut.

Dari laporan Press TV, peristiwa berdarah tersebut terjadi pada hari Jumat, 25 Juli 2014, saat warga Nigeria turun ke jalan-jalan untuk mengutuk serangan militer Israel di Jalur Gaza yang disebut Operation Protective Edge.

Peringatan Hari Al-Quds Internasional yang diselenggarakan di Kota Zaria (negara bagian Kaduna) berubah menjadi ajang kekerasan saat Tentara Nigeria menembaki para demonstran, 25 orang gugur, dan 12 orang ditangkap.

Diantara mereka yang gugur adalah Syed Mahmud Ibrahim Zakzaky (18 th), yang merupakan putra  Sheikh Ibrahim al-Zakzaky, pemimpin Gerakan Islam di Nigeria, sang penyeru demonstrasi. Selama ini al-Zakzaky dikenal sebagai  kritikus praktik korupsi, dan pengecam terorisme Boko Haram. Laporan lainnya, diungkapkan bahwa putranya yang lain menderita luka-luka, dan dua orang lainnya ditangkap.

Kemudian, pasukan militer Nigeria  dilaporkan membunuh semua tahanan, termasuk dua anak-anak Sheikh Ibrahim al-Zakzaky. Akibatnya tindakan keras aparat, al-Zakzaky kehilangan tiga anaknya.

Di saat yang sama,  pasukan militer juga  menyerang sebuah masjid di Nigeria pada hari Sabtu, dan menewaskan tiga orang.

Imam Khomeini, pendiri  Republik Islam telah menetapkan Jumat terakhir bulan Ramadhan sebagai Hari Al-Quds Internasional. Seluruh umat  manusia di berbagai negara  mengadakan aksi unjuk rasa untuk menunjukkan solidaritas mereka terhadap Palestina, sekaligus mengutuk kebiadaban Israel. [ba]

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL