tentara nigeria2Abuja, LiputanIslam.com — Militer Nigeria berhasil membebaskan hampir 300 tawanan kelompok teroris Boko Haram dari tengah Hutan Sambisa. Di antara mereka adalah 200 gadis remaja dan 93 wanita dewasa. Namun nasib 200 pelajar putri dari kota Chibok yang diculik Boko Haram bulan April 2014 masih belum diketahui. Demikian sebagaimana dilaporkan BBC News, Rabu (29/4).

Pejabat militer Nigeria, Jendral Chris Olukolade mengatakan para wanita itu dibebaskan melalui operasi untuk merebut empat basis Boko Haram di Hutan Sambisa. Para wanita itu kini masih menjalani pemeriksaan untuk mengetahui kekuatan dan keberadaan Boko Haram.

Sejumlah senjata juga berhasil direbut di basis-basis milik Boko Haram itu. Demikian keterangan militer Nigeria menyebutkan. Namun operasi militer tersebut masih terus berlangsung.

Selama beberapa bulan terakhir militer Nigeria dengan bantuan negara-negara tetangganya, berhasil merebut kembali wilayah yang pernah diduduki Boko Haram.

Jendral Chris mengatakan bahwa operasi pembebasan tawanan itu didukung oleh informasi inteligen yang tepat dalam menentukan lokasi mereka. Sementara operasi militer dilakukan melalui darat maupun udara.

Bulan Oktober 2014 lalu pemerintah mengumumkan gencatan senjata dan kesepakatan untuk membebaskan para tawanan, namun Boko Haram kemudian membatalkan kesepakatan itu. Penculikan-penculikan para gadis dan wanita oleh Boko Haram menjadi perhatian dunia setelah mereka menculik 200 pelajar putri sekolah menengah di kota Chibok, April 2014 lalu. Sejumlah negara termasuk AS, Cina dan Inggris telah memberikan bantuannya untuk membebaskan para pelajar putri itu, namun tidak berhasil.

Sementara itu pemerintah Niger, tetangga Nigeria yang aktif membantu memerangi Boko Haram, mengklaim tentaranya terlibat pertempuran intensif dengan Boko Haram di Danau Chad akhir pekan lalu. Pertempuran dipicu oleh serangan Boko Haram terhadap Pulau Karamga yang menewaskan 28 warga sipil dan 46 tentara Niger tewas dalam operasi untuk merebut kembali pulau itu. Di pihak Boko Haram setidaknya 150 anggotanya juga tewas, demikian klaim pemerintah Niger.

Namun laporan media-media setempat menyebutkan jumlah tentara Niger yang tewas jauh lebih besar. Demikian seperti dilaporkan BBC News.

Selama aksi-aksi kekerasan yang dilakukannya sejak tahun 2012 Boko Haram telah menewaskan sekitar 15.000 orang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL