tentara nigeriaAbuja, LiputanIslam.com — Tentara Nigeria berhasil merebut kembali kota penting Mubi dari kelompok Boko Haram, warga dan pejabat-pejabat lokal menyebutkan.

Seorang warga mengatakan kepada BBC, ia telah melihat mayat-mayat anggota kelompok Boko Haram.

Mubi yang terletak di timur laut Nigeria adalah kota terbesar yang berada di bawah kekuasaan Boko Haram selama ini. Jatuhnya kota ini ke tangan militer Nigeria menjadi kekalahan pertama Boko Haram sejak mendeklarikan negara khalifah di wilayah yang mereka kuasai, bulan Agustus lalu.

Namun Boko Haram masih menguasai sejumlah besar wilayah di timur laut negara itu, termasuk beberapa kota. Bulan lalu kelompok ini membantah pengumuman militer Nigeria tentang adanya gencatan senjata dengan Boko Haram serta rancana pembebasan ratusan pelajar perempuan yang ditawan Boko Haram sejak April lalu.

Ribuan orang telah tewas akibat pemberontakan Boko Haram sejak tahun 2009 lalu, terutama di negara-negara bagian di timur laut Nigeria.

Boko Haram menduduki kota Mubi, kota terbesar kedua di negara bagian Adamawa pada Oktober lalu, dan mengganti namanya dengan Madinatul Islam (kota Islam). Warga setempat menyebutkan, sejak itu Boko Haram menjalankan “hukum Islam” yang ketat, termasuk melakukan pemancungan-pemancungan dan pemotongan anggota badan.

Gubernur Adamawa Bala Ngilari menyebutkan, pasukan pemerintah berhasil merebut kembali kota Mubi dengan dibantu oleh milisi-milisi lokal yang loyal pada pemerintah hingga para pemburu tradisional. Ia menyebut bahwa warga kini menikmati kegembiraan sedangkan Boko Haram telah melarikan diri.

Namun seorang warga mengatakan kepada BBC bahwa sebagian besar warga belum berani kembali ke kota itu karena takut Boko Haram akan kembali merebut kota itu. Ia menyebut bahwa jumlah pasukan yang terlibat merebut kota itu jauh lebih sedikit dibandingkan milisi dan pemburu tradisional.

Baik pemerintah pusat maupun Boko Haram belum memberikan keterangan tentang perkembangan ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL