israeli_police_attack_the_aqsaAl Quds, LiputanIslam.com — Bentrokan antara aparat keamanan Israel dengan warga Palestina terjadi di sekitar Masjid Al Aqsa, Al Quds (Yerussalem), Jumat kemarin (7/2). Sejumlah orang terluka dalam bentrokan tersebut setelah tentara Israel menyerbu warga Palestina yang tengah melakukan ibadah sholat Jum’at.

Menurut keterangan sejumlah saksi mata, tentara Israel menggunakan peluru karet dan granat pengejut untuk membubarkan massa hingga melukai setidaknya 20 warga Palestina termasuk wanita dan anak-anak. Tentara juga terlihat memukuli wanita dan menangkap beberapa warga Palestina.

Bentrokan tersebut terjadi kurang dari sebulan setelah menteri perumahan Israel Uri Ariel mengatakan bahwa pemerintah Israel akan mengganti Masjid Al-Aqsa Mosque, tempat suci ketiga umat Islam, dengan kuil yahudi.

Pernyataan tersebut kontan menyulut kemarahan warga Palestina. Mereka mengutuk keras rencana tersebut yang dipandang sebagai bagian dari rencana men-yahudikan seluruh Al Quds (Jerussalem).

Selama puluhan tahun Israel telah berusaha keras untuk mengubah struktur demografi di Al Quds, dengan menghancurkan rumah-rumah penduduk Palestina dan menggantinya dengan pemukiman yahudi. Mereka juga banyak menghancurkan tempat-tempat bersejarah Islam dan mengusir orang-orang Palestina dari kampung halamannya.

Saat ini diperkirakan sekitar 500 ribu warga Israel tinggal di 120 lebih pemukiman ilegal di tanah pendudukan di Tepi Barat dan Al Quds Timur yang dirampas Israel pada  tahun 1967. Masyarakat internasional menganggap pemukiman-pemukiman tersebut sebaga ilegal, karena didirikan di wilayah milik Palestina yang diduduki Israel.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL