Bekasi, LiputanIslam.com–Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, membentuk forum penanganan sampah sungai (FPSS) untuk mengatasi penumpukan sampah di arrea sungai Bekasi.

Anggota forum itu akan meliputi unsur dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Satuan Polisi Pamong Praja, dan TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Citarum Harum.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Dodi Agus Supriyanto mengatakan bahwa tugas mereka adalah menginformasikan keberadaan sampah agar segera ditindak.

“Nanti di forum itu mereka senantiasa menginformasikan keberadaan sampah di kali, kita segera bertindak cepat bareng-bareng. Kalau ada sampah dikeroyok bareng-bareng,” kata Dodi di Cikarang, Selasa (10/9).

Dalam enam bulan terakhir, Pemerintah Kabupaten Bekasi fokus menangani sampah yang mengotori sungai, karena sungai di Bekasi kian ditumpuki sampah contohnya sampah sepanjang satu kilo meter ditemukan telah memenuhi permukaan air di Kali Bahagia, Babelan, Bekasi.

Baca juga: Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Eco Paving Block dan Pipa

Sebelumnya, pihak Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja pun sudah memerintahkan camat dan kepala desa untuk bertindak tegas terhadap pembuang sampah sembarangan dengan cara melaporkan kepada pihak Kepolisian agar ditangkap dan dibina. Selain itu juga melibatkan TNI untuk mengatasi maraknya aksi pembuangan sampah sembarangan di wilayah itu. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*