longsong jammu kashmirNew Delhi, LiputanIslam.com — 16 orang dipastikan tewas terkubur akibat tanah longsor di negara bagian Jammu-Kashmir, India, Senin (30/3).

Seperti dilaporkan kantor berita Iran Press TV, wilayah yang mengalami tanah longsor itu adalah Chadoora, sebuah area di kaki pegunungan Himalaya dimana pada bulan September 2014 lalu ratusan orang tewas terkubur karena banjir dan tanah longsor.

Sampai Senin malam para petugas telah berhasil mengevakuasi 6 jenasah dari timbunan tanah dan pencarian masih terus dilakukan untuk mencari sisanya. Sementara itu ratusan warga meninggalkan rumahnya akibat banjir dan ancaman tanah longsor.

Seorang pejabat polisi mengatakan 10 jenasah yang masih terkubur diharapkan bisa ditemukan segera.

Kepala polisi wilayah tersebut, Javid Gillani, mengatakan bahwa 237 keluarga telah dievakuasi dari wilayah Chadoora untuk menghindari bencana susulan. Juga pada hari Senin kemarin pemerintan mengeluarkan peringatan bahaya banjir setelah Sungai Jhelum meluap.

Dalam peristiwa tahun 2014 sekitar 300 orang tewas sementara ribuan orang kehilangan tempat tinggalnya dengan kerugian mencapai $16 miliar.

Pemerintah dianggap gagal mengantisipasi bahaya banjir dan longsor yang sering terjadi di kawasan pegunungan di India utara terutama wilayah Jammu-Kashmir.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*