talibanIslamabad, LiputanIslam.com — Kelompok Taliban Pakistan menyatakan dukungan kepada kelompok ISIS. Demikian pernyataan kelompok tersebut yang dikeluarkan bersamaan dengan Hari Raya Qurban, Sabtu (4/10).

Dalam pernyataan itu Taliban Pakistan menyeru kepada kelompok-kelompok Muslim untuk bersatu melawan musuh, yaitu koalisi pimpinan AS yang tengah memerangi ISIS di Irak dan Suriah. Pernyataan hari Sabtu itu dikeluarkan oleh pimpinan Taliban Pakistan (Tehreek-e-Taliban Pakistan/TTP), Maulana Fazlullah melalui jubirnya. Demikian laporan BBC News.

“Kami bangga dengan keberhasilanmu mengalahkan musuh. Kami bersamamu (ISIS) dalam masa-masa buruk dan masa-masa baik.”

“Di hari-hari yang sulit ini, kami menyeru kepadamu untuk bersabar dan tetap bersatu saat musuh-musuhmu kini bersatu melawanmu. Lupakan perselisihan. Dunia muslim akan mendukungmu di masa-masa sulit ini dan kami membantu dengan apa yang kami miliki.”

BBC melaporkan, belum ada bukti nyata tentang persekutuan Taliban Pakistan dengan ISIS. Namun beberapa pendukung ISIS ditemukan di kota Peshawar tengah membagi-bagikan pamplet dukungan bagi ISIS.

Sementara itu pada hari Sabtu milisi Kurdi Peshmerga dan milisi Shiah berhasil mengusir ISIS dari sebuah jembatan strategis di dekat kota Kirkuk. Sementara di Suriah ISIS mendekati kota Kobane di dekat perbatasan Turki yang dipertahankan mati-matian oleh militan Kurdi.

Sejak ISIS melancarkan serangan ke Kobane bulan lalu, sebanyak 160.000 orang, terutama warga Kurdi, telah mengungsi ke Turki.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL