Karachi airport attacked by militantsKarachi, LiputanIslam.com — Taliban kembali menyerang Karachi dan memaksa bandara terbesar Pakistan di kota itu, Jinnah International Airport, kembali ditutup, Selasa kemarin (10/6).

Untuk kedua kalinya dalam waktu 2 hari Bandara Jinnah ditutup dari aktifitas setelah kelompok Taliban menyerang bandara tersebut.

Serangan Selasa kemarin menargetkan Akademi Keamanan Bandara di dekat bandara Jinah. Sekelompok militan Taliban yang belum diketahui jumlahnya menyerang akademi keamanan bandara dan mendapat perlawanan aparat keamanan setempat. Tidak ada korban jiwa dalam serangan itu, namun dipastikan beberapa orang mengalami luka-luka. Anggota-anggota Taliban sendiri berhasil melarikan diri setelah serangan.

Jubir Taliban Pakistan, Shahidullah Shahid, menyatakan bahwa serangan ditujukan sebagai balasan atas serangan-serangan Pakistan terhadap Taliban, termasuk serangan drone AS yang menewaskan pemimpin Taliban Pakistan Hakimullah Mehsud, akhir tahun lalu.

“Gelombang serangan ini akan terus berlanjut secara terus-menerus sebagai balasan terhadap pemboman dan kekejaman pemerintah,” kata Shahidullah Shahid kepada CNN, Selasa (10/6), melalui percakapan telepon.

Sebelumnya pada hari Minggu malam (8/6) 10 anggota Taliban menyerang bandara Jinnah. Setelah berjam-jam terjadi aksi baku tembak, aparat keamanan berhasil menembak mati 7 anggota Taliban, dan 3 sisanya meledakkan diri dengan bom yang dibawanya. Total sebanyak 36 orang tewas dalam serangan itu.

Akibat serangan terakhir kemarin, bandara Jinnah sempat ditutup. Namun kemudian dibuka kembali mejelang petang dan setelahnya kondisi kembali normal.

“3 sampai 4 teroris melakukan penembakan di dekat kampus Akademi, kemudian melarikan diri,” kata pajabat keamanan bandara.

“Tidak ada pagar yang rusak, tidak ada yang masuk, pengejaran tengah berlangsung dan situasi di bawah kendali,” tambahnya.

Sementara itu sebelum terjadinya serangan di bandara, hari Selasa (10/6) militer Pakistan melakukan serangan udara terhadap persembunyikan kelompok-kelompok militan di Lembah Kaybar. Militer mengklaim berhasil menewaskan 15 anggota kelompok militan.(ca/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL