taliban trukKabul, LiputanIslam.com — Taliban telah menghancurkan lebih dari 400 truk pengangkut suplai untuk pasukan NATO di Afghanistan di sebelah barat kota Kabul. Demikian keterangan polisi Afghanistan, Sabtu (5/7).

Warga lokal dan media-media lokal melaporkan serangan itu dan meng-upload gambar truk-truk yang terbakar di media sosial, sementara petugas berusaha menghentikan kebakaran.

Taliban mengklaim serangan tersebut sebagai aksi mereka. Mereka menyebutkan telah melakukan serangan roket terhadap pangkalan truk pembawa suplai untuk pasukan NATO di luar kota Kabul.

Masih belum ada keterangan tentang korban tewas dalam serangan yang terjadi Jumat malam itu. Meski petugas sudah berusaha memadamkan, api masih menyala hingga Sabtu pagi. Truk-truk itu dikabarkan membawa bahan bakar dan tengah parkir saat serangan terjadi.

Seorang petugas keamanan Afghanistan mengatakan kepada Associated Press dan dikutip BBC, mengatakan bahwa setidaknya 400 truk terperangkap oleh kobaran api.

Jubir polisi Kabul, Hashmat Stanikzai, mengatakan pihaknya tengah melakukan penyelidikan atas peristiwa itu.

Sementara dalam pernyataannya jubir Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan pihaknya sebagai pelaku penyerangan terhadap truk-truk suplai bahan bakar NATO.

Meski serangan semacan itu sering terjadi di Pakistan, sesekali Taliban juga melakukan aksi yang sama di Afghanistan.

Sebelumnya pada hari Rabu (2/7) seorang pembom bunuh diri menewaskan 8 tentara dalam serangan terhadap bus militer di Kabul.

Saat ini rakyat Afghanistan masih menunggu hasil pemilu yang digelar Juni lalu untuk menentukan presiden baru pengganti Hamid Karzai. Namun komisi pemilu menunda pengumuman hasil sementara hingga minggu depan, setelah munculnya laporan pelanggaran yang “luar biasa”.

Hampir satu juta suara harus dihitung ulang setelah kedua kandidat, mantan menlu Abdullah Abdullah dan mantan menteri keuangan Ashraf Ghani saling mengadukan adanya kecurangan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL