snowden_meeting.jpg.size.xxlarge.promoMoskow, LiputanIslam.com — “Peniup peluit” atau pembongkar rahasia Edward Snowden tidak akana dideportasi ke AS jika ia bersedia pergi ke Swiss dan memberikan kesaksian melawan badan inteligen AS, National Security Agency (NSA). Demikian laporan media Jerman SonntagsZeitung sebagaimana dikutip oleh RIA Novosti, Senin (8/9).

Media Jerman itu mengklaim mendapatkan dokumen berjudul “What rules would apply if Edward Snowden is brought to Switzerland and the United States makes an extradition request,” dimana disimpulkan bahwa Kejaksaan Swiss akan memberikan suaka kepada Snowden dan menolak permintaan ekstradisi oleh AS.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa Kejaksaan Agung Swiss tertarik untuk mendapatkan kesaksian Snowden untuk menyelidiki tindakan mata-mata yang dilakukan AS di luar negeri.

Setelah melarikan diri dari AS, Snowden tinggal selama sebulan di bandara Moskow, Rusia dengan status pelarian sebelum mendapatkan suaka sementara selama setahun. Pada tanggal 1 Agustus lalu Rusia memperpanjang suaka Snowden selama 3 tahun lagi. Dengan status ini Snowden dimungkinkan untuk berpindah tempat ke negara lain.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL